15 Jenis Peluang Usaha Ternak yang Sangat Menguntungkan

Tidak kunjung menemukan pekerjaan yang cocok atau bingung mencari ide usaha yang menguntungkan? Cobalah untuk beternak.

Sejak dulu kegiatan beternak memang dapat diandalkan dalam menghasilkan rupiah. Peluang usaha ternak di bawah ini mungkin dapat menginspirasi Anda dalam menemukan bisnis ternak yang cocok.

 15 Inspirasi Peluang Usaha Ternak yang Bisa Anda Coba

  1. Ternak Ikan Gabus

Peluang usaha ternak ikan gabus bisa dibilang masih lebar, pasalnya masih jarang orang yang melakukan budidaya terhadap ikan ini.

Sebenarnya kondisi pasar ikan gabus sangatlah bagus karena banyak orang yang mencarinya karena rasanya yang enak. Selain untuk dikonsumsi dagingnya, ekstrak ikan ini juga kerap dijadikan sebagai bahan farmasi karena kandungan vitamin dan protein yang dimilikinya.

  1. Ternak Ikan Lele

Lele adalah jenis ikan air tawar dengan daya tahan yang kuat dan mampu hidup di segala jenis kondisi air. Peluang usaha ternak ini sering diminati karena perawatan nya yang tidak ribet.

Ternak Lele

Pasalnya Anda tidak perlu melakukan pembersihan kolam yang terlalu sering, ditambah lagi ikan ini tidak menghabiskan banyak pakan dan bisa hidup di lahan yang terbatas.

Dikarenakan harganya yang ekonomis dan memiliki daging tebal yang lembut ikan ini digemari oleh sebagian masyarakat.

  1. Ternak Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan jenis ikan yang paling sering dijumpai sebagai olahan entah itu di warung-warung, restoran, atau masakan rumahan. Hal ini disebabkan oleh rasa yang terdapat di dalam daging ikan mujair dewasa sangat lezat dan disukai banyak orang.

Selain itu kebutuhan konsumsi masyarakat akan ikan mujair juga tak pernah sepi dari pembeli, tentunya peluang usaha ternak mujair akan jadi bisnis yang cukup menjanjikan.

  1. Ternak Ayam Kampung

Daging ayam kampung lebih disukai karena tekstur nya yang tidak terlalu empuk dan dagingnya yang sedap hingga kebagian dalam, selain itu perawatan dan pakan yang alami membuat ayam ini lebih sehat.

Memelihara ayam kampung tidak seribet ayam potong, Anda hanya perlu memberinya pakan ayam pada umumnya atau cukup membiarkannya mencari makan sendiri. Walaupun memiliki pertumbuhan yang lambat namun peminat ayam jenis ini cukup tinggi.

  1. Ternak Bebek

Seperti halnya ayam, peluang usaha ternak pada bebek juga dapat diandalkan. Banyak restoran hingga warung-warung kecil di pinggir jalan yang menggunakan daging maupun telur bebek sebagai masakannya.

Ternak Bebek

Jika tertarik untuk beternak unggas ini maka sebelumnya perlu Anda ketahui, dalam beternak bebek hasil produksi utamanya adalah telur, sedangkan untuk dagingnya bisa Anda dapatkan dari bebek yang sudah tidak produktif.

  1. Ternak Entok

Budidaya entok memang tidak sepopuler ayam atau bebek, namun sebenarnya penikmat daging entok ini cukup banyak.

Daging entok memiliki rasa yang hampir sama dengan daging bebek namun lebih tebal dan lebih empuk, ciri khas inilah yang membuat daging entok banyak dijual sebagai olahan masakan tradisional.

Sebagian orang menyayangkan karena jumlah penyedia entok yang masih sedikit, maka dengan membuat peternakan entok Anda dapat ikut memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Ternak Burung Puyuh

Burung puyuh terkenal sebagai penghasil telur dengan rasa yang sedap. Permintaan konsumen terhadap telur burung ini terus meningkat tiap tahunnya, walaupun telur yang dihasilkan kecil namun harga jual nya lumayan tinggi.

Peluang usaha ternak burung puyuh tidak akan mengecewakan, banyak peternak yang sudah sukses menjadi produsen telur burung puyuh dan mengantongi puluhan juta tiap bulannya.

  1. Ternak Burung Dara

Peluang usaha ternak burung dara memiliki jangkauan pemasaran yang cukup merata, pasalnya selain dapat dipelihara lagi sebagai burung hias, burung ini juga memiliki daging yang enak untuk dimasak bisa dilihat dari banyaknya warung lalapan yang menggunakannya sebagai masakan.

Selain itu burung dara hanya membutuhkan waktu 1 bulan pemeliharaan yang kemudian sudah siap potong.

  1. Ternak Kelinci

Kelinci adalah hewan imut berbulu yang disukai banyak orang terutama anak-anak, selain itu daging olahan dari hewan ini bertekstur empuk dan memiliki rasa yang enak.

Ada baiknya menentukan terlebih dulu jenis kelinci yang akan di kembang biak kan. Sebab Antara kelinci yang dijadikan peliharaan dan yang dikonsumsi dagingnya memiliki jenis dan perawatan yang berbeda.

  1. Ternak Lebah Madu

Lebah adalah serangga yang sangat bermanfaat, dia dapat menghasilkan berbagai macam produk yang menyehatkan tubuh seperti madu, royal jelly, bee polent, dan propolis.

Peluang usaha ternak menggunakan lebah termasuk sangat menguntungkan, lebah sendiri tidak membutuhkan makanan dari manusia melainkan mencari sendri sehingga dapat disimpulkan bahwa beternak lebah tidak memakan biaya terlalu banyak, belum lagi produk yang dihasilkan lebah bernilai jual tinggi.

  1. Ternak Sapi

Ternak sapi memang tidak dapat luput begitu saja, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Sapi Ternak

Sapi jadi hewan ternak yang menguntungkan karena dapat menghasilkan susu dalam jumlah yang banyak, dan sapi bisa dijual dengan harga yang tinggi saat sudah dewasa.

Kotoran nya pun dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang dan biogas. Hanya saja Anda perlu modal yang cukup banyak untuk membeli seekor sapi dan membuat kandang.

  1. Ternak Kroto

Bagi para pecinta burung tentunya tidak asing saat mendengar nama ini. Kroto sendiri adalah telur semut rang-rang yang digunakan sebagai pakan burung, dan memiliki harga jual yang lumayan untuk per kilo nya.

Semakin banyaknya toko burung yang dibuka maka semakin luas kesempatan Anda untuk beternak kroto, bisnis ternak ini tidak membutuhkan banyak tempat, dan untuk memberi makan seekor semut pastinya tidak membutuhkan biaya yang berlebihan.

  1. Ternak Jangkrik

Jangkrik salah satu makanan  favorit burung bahkan bisa dibilang serangga ini yang paling laris di toko burung, setiap hari pasti ada saja yang akan membelinya.

Dapat disimpulkan bahwa kebutuhan terhadap jangkrik akan tetap ada seiring banyaknya orang yang hobi memelihara burung. Usaha ternak serangga ini juga memiliki resiko yang kecil serta mudah dikembangkan dalam jumlah banyak.

  1. Ternak Cacing

Dibalik penampilannya yang terlihat menjijikan, cacing tanah ternyata memiliki kandungan protein yang bermanfaat. Kandungan protein inilah yang membuatnya banyak dijadikan sebagai pakan ternak maupun ikan, bahkan hingga menjadi bahan obat.

Dengan semakin dibutuhkannya cacing sebagai bahan pembuatan pakan maka di sinilah kesempatan Anda untuk memulainya. Beternak cacing tanah tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak butuh banyak perawatan.

  1. Ternak Kambing

Anda tinggal di pedesaan dan dekat dengan alam? Maka peluang usaha ternak yang satu ini pasti cocok dengan Anda.

Beternak kambing membutuhkan modal yang lebih kecil dibanding sapi, untuk pakannya sendiri hanya membutuhkan tumbuhan hijau atau rerumputan yang dapat Anda temukan di pedesaan dengan mudah.

Kambing yang sudah kawin bisa beranak pinak dengan cepat sehingga modal yang telah dikeluarkan tidak butuh waktu yang lama untuk kembali.

Itulah 15 inspirasi peluang usaha ternak yang bisa Anda coba di rumah. Dengan niat serta tekad yang kuat, setiap usaha yang dijalankan pasti bisa memperoleh kesuksesan.

Semoga artikel yang di bahas Lowirus kali ini dapat memberikan inspirasi bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang ternak. Mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan, Terima kasih.

Add Comment