Peluang Usaha Rumahan di Desa

Tidak perlu ragu tinggal di desa, beragam peluang usaha rumahan di desa ini ternyata berpotensi meraup keuntungan yang menggiurkan.

Hidup di pedesaan kini kerap menjadi pilihan beberapa orang yang mulai jenuh dengan kepenatan kota. Meski demikian, seringkali masih terlintas pertanyaan tentang peluang usaha rumahan di desa yang bisa dikembangkan.

Padahal sebenarnya banyak sekali yang bisa kita kerjakan dan bahkan bisa berkembang menjadi bisnis yang besar. Seiring dengan dunia pemasaran online yang kian berkembang dengan cepat, jarak sudah tidak lagi menjadi kendala bagi siapapun yang ingin mengembangkan usahanya.

Begitu juga bagi kita yang ingin merintis usaha di desa. Beberapa faktor penunjang seperti kemudahan akses bahan baku, harga rumah atau tempat untuk produksi yang lebih murah serta biaya hidup dan produksi yang relatif rendah adalah beberapa kemudahan yang bisa kita dapatkan ketika kita membangun usaha di desa.

Siapa Bilang Hidup di Desa Minim Peluang? Tengok Beragam Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Bisa Anda Kembangkan Ini.

Secara umum ada dua pilihan cara untuk meraih keuntungan dari peluang usaha rumahan di desa. Yang pertama, dengan menyediakan kebutuhan dan barang-barang dari perkotaan untuk dijual di desa.

Yang kedua memproduksi barang, menyediakan jasa, atau membudidayakan hasil-hasil bumi untuk dipasarkan di dalam dan keluar desa.

Keduanya sama-sama berpeluang untuk meraup pasar dan keuntungan bisnis yang besar. Apa sajakah peluang-peluang tersebut?

13 Jenis Peluang Usaha di Desa yang Menggiurkan

  1. Toko Kelontong

Peluang usaha rumahan di desa yang paling sering menjadi pilihan adalah toko kelontong.

Jenis usaha yang satu ini paling diminati karena menjual aneka kebutuhan sehari-hari seperti sembako, jajanan, deterjen, alat mandi dan lain-lain.

Betul-betul menjawab kebutuhan warga sekitar. Apalagi, jika letak pasar dan pertokoan semi modern agak jauh dari tempat tinggal Anda, maka toko kelontong adalah pilihan pas yang akan mendatangkan keuntungan yang konsisten.

  1. Toko Pakaian

Toko Pakaian

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, tren di dunia fashion pun dengan mudah sampai kepada orang-orang di desa.

Namun karena akses transportasi dan distribusi, model-model pakaian terbaru seringkali terlambat sampai di desa.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk anda yang memiliki ketertarikan di dunia fashion dan retail untuk membuka usaha toko pakaian.

Pergunakan link pemasok yang anda miliki dari kota dan selalu update tentang model pakaian terbaru.

  1. Rental Komputer, Printing, Fotokopi dan Toko Alat Tulis

Di desa maupun di kota, jenis usaha jasa yang satu ini selalu potensial, terlebih jika lingkungan tempat tinggal kita dekat dengan perkantoran atau sarana pendidikan.

Membuka usaha jasa rental komputer, printing, fotokopi berikut toko alat tulis adalah salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sangat menjanjikan dan menjawab kebutuhan lingkungan.

  1. Warnet dan Game Online

Meskipun kini smartphone sudah umum dimiliki oleh banyak orang termasuk di desa, jenis usaha yang satu ini tetap memiliki peminat karena beberapa faktor.

Yang pertama, masih ada yang belum memiliki smartphone, dan yang kedua beberapa orang masih berpendapat bahwa aktivitas gaming terasa lebih mengasyikkan jika dilakukan dengan PC.

  1. Konter Pulsa, PPOB dan Asesoris HP

HP sebagai alat komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat termasuk masyarakat pedesaan.

Usaha konter pulsa tentu sangat menjanjikan dan memiliki pasar yang pasti, apalagi jika Anda melengkapi nya dengan aksesoris HP dan juga melayani pembayaran listrik dan kebutuhan lain.

  1. Warung Kopi

Warung Kopi

Masyarakat desa terkenal dengan sifatnya yang guyub dan gemar bersilaturahmi. Membuka usaha warung kopi sederhana di halaman rumah dilengkapi dengan aneka jajanan.

Seperti gorengan adalah salah satu peluang yang menjanjikan dan sekaligus menyenangkan bagi Anda yang kebetulan juga memiliki kegemaran terhadap kopi.

  1. Warung Makan

Jika kebetulan rumah Anda berada pada akses jalan utama pedesaan atau memiliki keunikan view dan lokasi, maka membuka usaha warung makan dengan nuansa dan menu pedesaan adalah salah satu pilihan peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan.

Pasar yang dapat diraih dalam jenis usaha ini tak hanya terbatas pada tetangga dan lingkungan sekitar, namun juga para pengendara yang kebetulan melintas di area pedesaan anda.

Selain itu, berbekal metode pemasaran online yang tepat, usaha kuliner jenis ini bahkan bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner tradisional yang belakangan menjadi tren.

  1. Jasa Bimbingan Belajar

Bimbingan Belajar

Anda merasa memiliki keahlian dan sertifikasi khusus dalam bidang pelajaran tertentu? Membuka usaha jasa bimbingan belajar adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Selain keuntungan, faktor kepuasan batin atas passion mengajar dapat disalurkan dalam jenis usaha ini.

  1. Barber Shop

Memiliki keahlian dalam memangkas rambut pria adalah salah satu keahlian yang berpeluang menjadi jenis usaha yang bisa dilakukan di manapun, termasuk di desa.

Barber shop atau pangkas rambut dibutuhkan oleh masyarakat kapanpun dan di manapun. Hanya dengan berbekal alat cukur dan potong rambut, shampoo, gel rambut, bangku, cermin serta pengetahuan model-model rambut pria terkini, Anda sudah bisa mendirikan usaha barber shop sederhana di desa tempat anda tinggal.

  1. Salon Kecantikan

Hampir sama dengan barber shop, salon kecantikan adalah peluang usaha rumahan di desa yang dapat anda jalankan. Bedanya, jenis usaha ini pasarnya berasal dari kalangan wanita.

Jika Anda benar-benar memiliki passion di bidang ini, jangan lupa selalu update model rambut dan teknik perawatan kecantikan terbaru untuk menjawab kebutuhan pasar.

  1. Rias Pengantin

Baik di desa maupun di kota, secara mendasar pesta pernikahan memiliki kebutuhan yang sama, yaitu hidangan, dekorasi dan tentu saja rias.

Jika ketertarikan Anda memang berada pada bidang yang satu ini, tak perlu ragu untuk membuka usaha jenis ini di desa.

Hampir sama dengan salon kecantikan, yang harus Anda lakukan adalah selalu update dan upgrade skill serta koleksi gaun pengantin anda agar usaha kian berkembang pesat.

  1. Budidaya Jamur Tiram

Di sektor pertanian dan peternakan, budidaya jamur tiram adalah salah satu peluang usaha yang potensial.

Kemudahan dan biaya operasional yang relatif rendah dalam proses budidaya ini membuat orang semakin tergiur dan memilih jenis usaha ini untuk dijalankan mulai dari skala rumahan hingga skala besar.

  1. Crat dan Aksesoris

Craft dan Aksesoris

Peluang usaha rumahan di desa craft dan aksesoris akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa seni sekaligus jiwa bisnis.

Ukiran, gerabah, atau aksesoris wanita adalah beberapa pilihan jenis kerajinan yang dapat anda eksekusi sebagai pilihan jenis usaha yang menjanjikan.

Tak hanya itu, usaha jenis ini berpotensi meraih pasar tak hanya sampai di perkotaan, namun juga berskala nasional hingga internasional.

Itulah beragam peluang usaha rumahan di desa yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan situasi lingkungan sekitar dan tentunya passion anda secara pribadi.

Kini desa tak hanya identik dengan ketenangan, biaya hidup yang relatif rendah, serta keramahtamahan penduduk, namun juga menyimpan beragam potensi peluang usaha yang menjanjikan.

Nah itulah pembahasan Lowirus mengenai berbagai macam jenis usaha yang bisa anda kembangkan di Desa tempat tinggal kita.

Kami mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan, Terima kasih.

Add Comment