13 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Dicoba untuk Pebisnis Pemula

Lapangan kerja saat ini semakin sulit didapatkan karena ada banyak calon tenaga kerja tetapi sedikit peluang untuk jabatan tertentu.

Bagi yang sudah memiliki pekerjaan adakalanya penghasilan yang didapatkan pun belum cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Maka diperlukan Ide bisnis rumahan yang kreatif serta dapat menambah penghasilan tanpa menambah beban waktu atau mobilitas.

Beberapa ide-ide usaha yang dapat dilakukan di rumah ini bisa Anda praktekan sendiri maupun bekerja sama dengan teman atau kerabat.

Kurir Antar Barang

Bila rumah bisa di maksimal kan untuk membuka peluang usaha, mengapa tidak dicoba? Usaha di bawah ini hanya memerlukan modal kecil bahkan beberapa diantaranya tidak diperlukan modal uang sama sekali.

Asalkan ada kegigihan, keberanian serta kepercayaan pelanggan hal tersebut sudah menjadi modal utama memulai usaha.

Ide bisnis rumahan bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman maupun bagi orang pemula sekalipun.

Pada awalnya mungkin memiliki kesulitan terkait promosi, menentukan target pasar atau melakukan pembukuan dan memilih sumber daya yang tepat dengan harga murah. Namun, bila terus mau belajar dan tekun pasti ada hasil yang akan didapatkan.

Setiap bisnis atau usaha memang memiliki resiko untuk gagal, namun Anda tidak perlu khawatir.

Beberapa usaha di bawah ini masih aman bagi pemula karena cenderung memiliki konsumen yang relatif stabil dan modal yang dikeluarkan tidak banyak.

13 Ide Bisnis Rumahan yang Wajib Anda Coba di Rumah

  1. Penitipan Anak

Bila Anda memiliki rumah yang aman dengan ruang yang cukup luas, Ide bisnis rumahan yang dapat di praktek kan adalah mendirikan day care.

Saat ini ada banyak ibu karir yang memerlukan jasa day care terpercaya. Buat ruang yang menarik dan mendukung tumbuh kembang anak dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran positif sesuai usia anak.

  1. Online Shop

Ide bisnis rumahan selanjutnya yang bisa di praktek kan di rumah adalah berjualan secara online. Anda tidak perlu membuka atau menyewa toko. Dengan online shop, jangkauan konsumen akan lebih luas serta proses pembelian dapat dilakukan lebih praktis.

Kunci online shop adalah pilih dan jual barang yang memiliki pasar serta bangun kepercayaan dengan pembeli.

  1. Kerajinan (Craft)

Ide bisnis rumahan selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat berbagai macam kerajinan mulai dari hiasan rumah atau souvenir berupa cinderamata.

Kerajinan tangan

Usaha ini memerlukan kreativitas dan keuletan. Anda dapat menarik pasar untuk menyediakan jasa cideramata pernikahan, tempat wisata maupun event tertentu.

  1. Tempat Makan

Usaha kuliner memang tidak ada matinya. Bagi Anda yang suka kuliner, bisa membuka usaha tempat makan di rumah.

Tipe usaha bisa dibuat restaurant, café atau angkringan tradisional. Kunci untuk membuat tempat makan adalah selain makanan enak dan terjangkau, tema dan dekorasi tempat yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

  1. Shoes Care

Ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan dengan modal kecil adalah jasa rawat sepatu atau Shoes care. Anda dapat menggunakan ruang kecil di rumah untuk membuka gerai shoes care.

Untuk teknis dan peralatan yang diperlukan untuk perawatan sepatu bisa dicari di internet.

Sasaran konsumen yang dapat dicapai antara lain komunitas pecinta sepatu, mahasiswa, atlet atau karyawan.

  1. Laundry

Sampai saat ini usaha laundry tetap menjadi usaha yang menjanjikan. Anda dapat menetapkan sasaran konsumen laundry pada karyawan, ibu yang berkarir, siswa atau mahasiswa yang tinggal di kos.

Jasa Laundry

Anda dapat menerapkan jasa laundry dengan sistem potongan harga atau voucher untuk berapa kali pesanan sehingga dapat menarik pelanggan.

Selain itu, kunci usaha laundry adalah kebersihan serta perawatan baju yang dicuci tetap dalam kualitas yang baik.

  1. Pulsa

Ide bisnis rumahan yang bisa dicoba dengan memanfaatkan ruang kecil di rumah yaitu berjualan pulsa. Anda dapat menggunakan ruang kecil di depan rumah untuk membuka gerai atau konter pulsa.

Tidak hanya pulsa reguler, pastikan juga tersedia jasa pembayaran pulsa token listrik atau tagihan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

  1. Lembaga Belajar

Bagi Anda yang menyukai anak-anak serta memiliki kemampuan dan ilmu untuk mengajar, bisa dicoba untuk membuka jasa Lembaga atau bimbingan belajar di rumah.

Jasa bimbingan belajar dapat dibuat berbagai variasi misalnya sistem kelas klasikal dengan jumlah sekian anak serta sistem kelas privat.

Berikan jaminan peningkatan belajar atau prestasi supaya usaha bimbingan belajar semakin menarik para pelanggan.

  1. Makanan Ringan

Ide bisnis rumahan selanjutnya yaitu dengan menjual makanan ringan. Hampir semua orang menyukai camilan. Anda dapat menerapkan konsep khusus untuk penjualan makanan ringan.

Makanan ringan

Misalnya makanan ringan jaman dahulu di masa SD, makanan ringan dengan level pedas, atau makanan ringan low sugar untuk para wanita yang sedang melakukan diet.

Semakin spesifik dan unik konsep camilan yang Anda jual, maka brand yang dibangun akan semakin menjanjikan.

  1. Catering

Usaha catering tetap akan terus laku di masa kapanpun. Untuk memulai usaha catering bila belum berani dengan modal yang besar, Anda dapat mencoba event-event yang kecil misalnya catering ulang tahun, catering acara rapat di kantor atau catering acara keluarga.

Biasanya bila kualitas masakan enak dan bersih maka konsumen akan menyebarkan jasa catering tersebut ke kerabat atau teman lain.

  1. Dropship

Sistem dropship hampir sama seperti usaha toko online. Perbedaannya yaitu bila toko online Anda memasok dan menjual barang sendiri, dropship tidak demikian.

Dropship hanya membantu penjualan dari pemasok utama dan hanya berkomunikasi dengan klien pembeli.

Untuk urusan pengiriman barang akan ditangani oleh penjual utama. Kunci usaha dropship adalah ketekunan serta pandai memilih suplier yang terpercaya.

  1. Makanan khas oleh-oleh

Ide bisnis rumahan yang bisa dicoba yaitu dengan menjual atau memproduksi makanan khas oleh-oleh. Saat ini mulai menjamur bisnis makanan khas oleh-oleh setiap kota.

Kunci untuk memulai makanan khas oleh-oleh adalah brand yang unik. Tekankan juga keaslian serta kekhasan daerah setempat sehingga tidak hanya mengusung brand tetapi juga menaikkan nilai khas daerah.

  1. Tas dan Aksesoris

Pria atau wanita sama-sama memerlukan tas atau aksesoris untuk menunjang penampilan.

Memulai usaha aksesoris dilakukan dengan cara membuka gerai kecil di rumah atau dijual melalui toko online.

Untuk menentukan jenis dan cara mendapatkan aksesoris yang dijual, dapat diperoleh dari produsen atau juga dapat memproduksi sendiri di rumah.

Asesoris sederhana seperti kalung, gelang atau bross dapat dibuat secara unik dengan latihan.

Asesoris yang dapat dijual bisa mengikuti trend atau bisa juga berupa model vintage sebagai koleksi para konsumen.

Demikian beberapa Ide bisnis rumahan yang wajib Anda coba di rumah untuk menambah penghasilan maupun sebagai penghasilan utama.

Kegigihan, keuletan, ketelitian serta tidak mudah menyerah adalah kunci untuk memulai dan mempertahankan bisnis. Selamat Berbisnis!

Sekian pembahasan mengenai 13 ide bisnis rumahan yang bisa anda jadikan inspirasi kali ini. Lowirus mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan, Terima kasih.

Add Comment